Senin, 21 April 2008

LISTRIK AND BATERAI

Rendika Agus S.
1 PB A
Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
Bersama dengan magnetisme, listrik membentuk interaksi fundamental yang dikenal sebagai elektromagnetisme listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas seperti petir, medan listrik dan arus listrik. Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasi-aplikasi seperti elektronik dan tenaga listrik.
Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta (1745-1827) adalah penemu baterai pertama kali. Sekitar tahun 1800, ia menemukan baterai basah pertama yang dinamakan Voltaic Pile (Alat Volta). Alat Volta terdiri dari 2 keping logam bundar, tembaga dan seng, di antara dua logam ini diisi lembar kertas/ karton berbentuk bundar. Kertas/ karton ini dibasahi air garam. Pada bagian atas dan bawah keping logam dipasang kabel tembaga. Ketika volta menutup sirkuit, listrik pun mengalir melalui tumpukan ini. Tiap keping logam membentuk sel Volta. Sel Volta adalah sel listrik terdiri dari 2 pelat logam yang tak sama dan dihubungkan tanpa bersinggungan.

1 komentar:

JAPRAK mengatakan...

good ren, teruskan untuk belajar buat artikel
from : teacher u
mustafa